Cerita Binatang: Buku Anak Berima dan Dua Bahasa

>> 27 Desember 2008

Beberapa pemerhati perkembangan anak mengatakan bahwa cerita berima memiliki unsur yang disebut sebagai phonological awareness yaitu ketika suatu kata atau cerita dibacakan menghasilkan bunyi menarik dan menjadikan informasi tersimpan lebih kuat dalam memori anak. Oleh karena itu, gaya bahasa berima inilah yang digunakan dalam seri Cerita Binatang terbitan Mizan ini. 12 Cerita binatang yang disampaikan merupakan cerita binatang di dalam Al-Quran yang mengandung pesan tauhid, keteguhan, kesabaran, keberanian, kasih sayang, serta nilai luhur lainnya.

Cerita-cerita tersebut dapat menjadi “pintu masuk” yang menarik bagi anak-anak untuk mempelajari dan memaknai Al Qur’an. Dengan gaya bahasa berima (dua bahasa—inggris dan indonesia), selain menyampaikan semangat cerita AL-Quran juga sekaligus semangat bahasa Al-Quran.

Cerita juga disajikan dalam berbagai media, yaitu teks, gambar/visual, musik, lagu, audio book, flash audio book, lisan, serta permainan. Dengan demikian, membantu untuk mengembangkan multiple intellegence (kecerdasan majemuk).

Gaya tutur cerita disampaikan dari sudut pandang binatang, sehingga dapat memperkaya cara pandang anak. Selain itu ilustrasi yang ditampilkan dibuat dengan berbagai gaya yang dekat dengan karakter visual anak, sehingga kecerdasan visualnya bisa terasah.

Oh ya, ada juga kamus kosa kata agar anak bisa mempelajari kosa kata bahasa inggris dengan lebih mudah dan menyenangkan. Sedangkan, indeks terusan membantu anak untuk menelusuri lebih lanjut tentang sumber cerita tersebut di dalam al Quran.

Adapun 12 binatang yang diceritakan disini meliputi: Bul bul, rayap, anjing, ular, sapi, paus, semut, unta, gajah, keledai, gagak, dan merpati.

Oke. Semoga bermanfaat.

Untuk informasi dan pemesanan dapat menghubungi 085868666570 atau email nur_beti@yahoo.com

0 comments:

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP