Kesuburan Wanita: Cara Alami Untuk Mengaturnya

>> 26 Desember 2008

Judul buku :
Metode Ovulasi Billings: Cara Alami Mengatur Kesuburan
Buku Asli : The Billings Method: Controlling Fertility without Drugs or Devices
Pengarang : Dr Evelyn Billings dan Dr Ann Westmore
Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Jumlah Halaman: 230 halaman
Tahun terbit : 2006



Saya membeli buku ini satu bulan sebelum menikah. Tidak secara langsung berhubungan dengan persiapan pernikahannya saya, tetapi lebih kepada motivasi saya untuk memberikan edukasi yang lebih kepada banyak pasien-pasien saya yang banyak melakukan KB hormonal (suntik/pil) di Rumah Sakit Ibu dan Anak Aisyiyah Klaten. Pengenalan terhadap lendir subur ini juga akan membantu jika kita ingin melakukan pembuahan di saat yang tepat dan berpeluang besar untuk terjadi kehamilan.
Saya sendiri termasuk yang percaya bahwa setiap anak adalah anugerah dan setiap kehamilan adalah diinginkan. Saya juga ingin memiliki anak-anak yang berkualitas dan saya menjauhi faktor-faktor risiko kehamilan. Oleh karena itu, saya dan suami membuat perencanaan. Sifat alami dari metode ini menjadikannya lebih ramah dan bersahabat dengan tubuh Anda. Informasi lain dan bimbingan mengenai metode ini, dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia, bisa didapatkan di www.woomb.org. Here is the gem of the book:

“Ujicoba metode Billings di Cina, India, Indonesia, dan Afrika Utara dikalangan masyarakat miskin dan buta huruf dari berbagai agama atau yang tak beragama menunjukkan tingkat keberhasilan 99 persen bila diterapkan sesuai aturan.”

“Pada 1987, penelitian di berbagai pusat pengajaran menunjukkan paling tidak 50 juta pasangan suami-istri sudah menerapkan metode ini.”

“Pasutri pengguna metode Ovulasi Billings akan menyadari bahwa kerjasama dan kedisiplinan akan memperkuat ikatan perkawinan mereka; sebagaimana diutarakan seorang perempuan dari Kamerun kepada kami: Ini metode cinta.”

“Keluarga Berencana (KB) alamiah akan berhasil dengan baik bila baik suami maupun istri sudah mengambil keputusan yang jelas apakah mereka menginginkan anak atau tidak.”

“Metode kalender cukup memuaskan selama panjang siklus tak berubah. Tapi justru disinilah kelemahannya. Tak seorang perempuan pun yang siklusnya teratur.”

“Keberhasilan mengenali pola tidak subur baik kering maupun berlendir sebelum ovulasi merupakan penemuan yang menakjubkan sekaligus melegakan karena mengurangi masa pantang bersetubuh yang panjang.”

“Kehamilan dalam satu siklus menstruasi hanya bisa terjadi dalam masa-masa subur yang pendek. Masa subur ini biasanya sekitar lima hari dalam suatu siklus yang apanjangnya 23-35 hari.”

“Tahap-tahap dalam siklus menstruasi: Pendarahan/Menstruasi, Pra Ovulasi, Ovulasi, dan Pasca Ovulasi.”

“Ketika ada lendir putih atau bening, dan mulur, lendir tersebut –lendir masa subur—adalah petunjuk terpenting kesehatan kesuburan Anda. Lendir itu dihasilkan oleh sel-sel rahim kira-kira enam hari sebelum ovulasi.”

“Lendir subur melindungi sel-sel sperma sehingga sperma dapat mempertahankan daya pembuahan sampai tiga hari.” “Lendir juga berfiungsi sebagai penyaring dan menghancurkan sel-sel sperma yang rusak.” “Lendir membentuk saluran yang mengarahkan gerak sperma disepanjang vagina, melewati leher rahim dan rahim, menuju saluran telur.”

“Jangan cemas kalau pola Anda tidak sama dengan pola perempuan lain. Masa munculnya lendir subur bisa lebih lama atau singkat dan jumlah lendir mungkin lebih banyak atau sedikit. Setiap perempuan akan mengetahui bahwa dirinya punya pola tertentu yang dapat diamati dan sangat pribadi sebagaimana dirinya sendiri.”

“Pola dasar tidak subur (PDTS): PDTS Kering (pekat, kering dan sedikit jumlahnya, menimbulkan rasa lengket dan kering) dan PDTS berlendir.”

“Pola kesuburan: lender keruh seperti sumbat, ada yang menggambarkan seperti serabit putih telur mentah, lembut atau licin. Bisa disertai rasa padat, lembek, atau bengkak pada jaringan di sekitar mulut vagina.”

“Puncak kesuburan: hari terakhir munculnya lender subur, yaitu hari terakhir ketika lendir tampak seperti benang dan mulur, atau timbul rasa licin meskipun lendir tidak tampak, adalah hari tersubur dalam siklus itu.”

“Tahap setelah ovulasi: bila ovulasi sudah terjadi, lendir akan lengket, keruh, dan kering selama sisa siklus.”

“Cara paling cepat untuk mengenali tanda-tanda lender adalah mencatat pengamatan harian Anda pada suatu tabel. Tujuannya untuk mengetahui apakah hubungan seksual pada hari tertentu bisa membuat hamil atau tidak. Anda akan siap menggunakan Mrtode Ovulasi Billing (MOB) ini setelah sebulan mengamati.”

“Pasangan yang harmonis biasanya lebih mudah menerima metode yang meminta mereka pantang berkala. MOB menuntut komitmen. Metode ini sangat cocok untuk pasangan yang benar-benar ingin menggubnakan metode alami dan bersedia memikul tanggung jawab bersama untuk mengatur kesuburan. Metode ini memantapkan dan menyelaraskan hubungan keduanya. Bila tahu kapan dirinya tidak akan hamil, perempuan tidak akan takut, tapi justru leluasa mengungkapkan kasih sayangnya. Demikian rasa saling mencintai semakin berkembang.”

“Ketika hubungan seksual tidak dianjurkan, janganlah berhenti mengutarakan kasih sayang. Ada banyak caarauntuk mengungkapkan perasaan Anda, dan dengan daya cipta, hari-hari itu bisa tetap pebuh gairah dan menggembirakan seperti hari-hari lainnya.

“Banyak pasangan yang merasa bahwa kehidupan seksual mereka lebih bergairah setelah beberapa lama tidak bersetubuh.”

“Menggunakan metode alami apa saja berarti Anda tidak bisa melakukan hubungan seksual sesuka hati.” “Yang menguntungkan dari metode ini adalah ada banyak hari untuk bersetubuh secara spontan, tanpa menggunakan alat atau obat kontrasepsi, dan bebas dari rasa ragu mengenai masa subur.”

Oke! Selamat Mencoba...:-)

0 comments:

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP