Sales Training Books: Panduan Pribadi Menjadi Penjual Sukses

>> 23 Januari 2009

Judul Buku : Sell Your Way To Success: Your Personal Sales Training Guide
Pengarang : Peter Lim
Penerbit : Petermarketing Consultancy (Singapura)
Jumlah hlm : 312 halaman

Buku ini dibeli oleh ayah saya di Singapura dan saya baca ketika sedang semangat-semangatnya saya menjual sebuah produk offline berupa buku-buku. Di rumah, saya sendiri membantu ibu memasarkan produk konveksi berupa daster dan juga minuman-minuman dalam kemasan. Lumayan banyak juga strategi-strategi yang diberitahu oleh buku ini. Meskipun banyak hal juga yang sudah tidak up to date mengingat buku ini sudah agak lama (kertasnya aja dah agak menguning hehehe), misalnya di sekarang kita tak perlu menemui konsumen berkali-kali untuk sukses. Itu sekarang diangap mitos (lihat post Roger Magnet Sales Adventures). Yang penting strateginya. Bisa jadi kita menjual di dua tempat sekaligus pada waktu yang sama. Apalagi dengan bantuan internet, bisa malah berpuluh-puluh atau beratus-ratus penjualan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Oke, here are the gems of the book:

“Kesuksesan pada akhirnya tergantung dari diri Anda sendiri.”

“Menjual bisa jadi mudah –semuanya terletak di dalam pikiran Anda.” “Dengan panduan dan pelatihan yang tepat, menjual itu tidaklah sulit.”

“Menjual– Cintai atau bencilah ia, semua terserah pada Anda.” “Menjual merupakan profesi yang sangat mulia dan juga sangat menarik.”

“Dengan pendidikan dan pengalaman yang lebih baik, konsumen saat ini tidaklah naif.”

“Menjadi sukses dalam penjualan mungkin tidak selalu sama dengan menjadi kaya.”

“Jika Anda percaya diri dan berkemampuan, Anda akan secara alami menyukai pekerjaan menjual dengan komisi yang tinggi.”

“Nikmatilah ketika Anda sedang menjual.”

“Untuk menjadi penjual profesional, Anda harus menjual dari hati.”

“Bagi saya, (kontribusi sukses) adalah kerja keras, devotion/konsentrasi, dan persistensi (terus menerus). Kerja keras artinya Anda melakukan sesuatu yang lebih dari yang dilakukan orang lain. Devotion bermakna dedikasi terhadap tujuan dan tanggung jawab Anda. Berkonsentrasi dan bekerja untuknya. Persistensi berarti mencoba lagi, lagi, dan lagi.” (Carol Chua,pemenang rutin Million Dollar Round Table)

“Kenalilah diri Anda, kenalilah musuh Anda. Seratus perang, seratus kemenangan.” (Sun Tze)

“Jangan pernah berkata Anda sedang mencoba, tapi lakukanlah (dengan komitmen).”

“Nyatakan secara jelas, apa tujuan karir Anda.”

“Jika Anda tidak memasarkan, sesuatu yang amat menyedihkan akan terjadi, yaitu tidak ada apa-apa sama sekali.”

“Kebenarannya adalah: sebanyak sang penjual membutuhkan konsumennya untuk membeli, sang konsumen membutuhkan pelayanannya.”

“Untuk menyingkirkan ketakutan Anda pada konsumen, Anda dapat memulai dengan melihat konsumen pada sinar yang lebih positif. Sebagian besar orang adalah ramah. Ornag yang tidak ramah adalah minoritas. Mulailah dengan teman dari teman Anda”

“Pengetahuan adalah kekuatan. Pelajari produk Anda. Pelajari semua tentangnya.”

“Untuk menjadi pemenang dalam sebuah permainan: pertama, jangan menjual jika harga, waktu, atau konsumennya tidak tepat. Kedua, pemenang tidak pernah keluar dari permainan, dan yang keluar dari permainan tidak pernah menang.”

“Mengapa orang membeli?”: “Saya membutuhkannya.” “Saya menyukainya.” “Saya ingin berinvestasi.” “Saya membeli untuk ....”

“Strategi dalam menjual: ketahui persaingan, beli produk Anda sendiri, jual “diri” Anda terlebih dahulu (sadar terhadap aset kita dan bagaimana memproyeksikannya pada konsumen), kemas diri Anda, dan berfikirlah saat Anda menjual.”

“Buat perencanaan penjualan Anda: tujuan, market intellegence, strategi, dan prospecting.”

0 comments:

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP