Hypnotic Writing: Bagaimana Membuat Tulisan yang Sulit Ditolak

>> 03 Juli 2009

Judul Buku : Hypnotic Writing: Cara Membujuk dan Meyakinkan Pelanggan (dan Siapa Pun) Hanya dengan Kata-kata Anda.

Buku Asli : Hypnotic Writing
Pengarang : Joe Vitale (Guru The Secret)
Penerbit : Gramedia
Tahun terbit : 2008
Jumlah hlmn : 301 hlm


Buku yang ampuh! Demikianlah komentar-komentar yang diberikan terhadapnya. Pantas saja karya Joe Vitale, sang guru The Secret ini menjadi #1 Best Selling e-book. Meskipun belum membuktikannya (karena baru selesai membaca), tapi saya percaya dengan kepiawaian sang penulis dalam membuat tulisan-tulisan yang menghipnotis, yang ia katakan sebagai “tulisan yang tidak mungkin ditolak”.

Saya tak percaya ketika beberapa menit setelah membaca, saya telah sampai di halaman 120. Dan lebih tidak percaya lagi ketika saya langsung menyelesaikannya. Bahkan ketika mata saya mengantuk, ketika saya berencana untuk tidur. Inilah hipnosis bangun itu! Yang penting tinggal prakteknya. Karena membaca buku tanpa mempraktekkan adalah omong kosong.

Oh ya, sayangnya buku ini mengemas gagasannya dalam bentuk tulisan-tulisan pendek dalam sedikit halaman (semacam kumpulan tulisan). Jadi kesannya kurang sistematis dan banyak hal-hal yang berulang. Oke, Here are gems of the book:

“Hypnotic Writing terjadi ketika Anda keluar dari ego Anda dan masuk ke ego pembaca.” “Jangan memberi mereka apa yang Anda inginkan, beri mereka apa yang mereka inginkan.”

“Gaya Anda adalah suara Anda, dan suara Anda akan menciptakan keakraban yang mendalam dengan pembaca Anda.” “Yang orang inginkan adalah suara yang baru. Mereka ingin membaca kata-kata seorang teman baru yang dipercayai.”

“Seandainya kita diajari berbicara secara kita diajari menulis, kita semua akan berbbicara dengan gagap.” (Mark Twain) “Hipnotic Writing timbul dari sikap bebas. Hal itu terjadi ketika Anda tidak memngedit diri sendiri saat sedang menulis.”

“Ini rumusnya (Aristoteles): 1) Exordium. Buat pernyataan mengejutkan atau cerita guna menarik perhatian. 2) Narratio, problem yang dihadapi pembaca. 3) Confirmation, tawaran solusi bagi problem itu. 4) Peroratio, manfaat dari menjalani solusi itu.” “Inilah rumus Aristoteles zaman sekarang: 1) problem, 2) Janji, 3) Bukti, 4) Harga.”

“Kunci pertama seorang penulis iklan adalah imajinasi dan antusisme. Anda sesungguhnya adalah penulis skenario mimpi sang prospek. Anda adalah penutur kisah masa depan dia. Tugas Anda adalah memperlihatkan kepadanya secara terperinci semua hal yang akan terjadi pada dirinya di masa depan yang dimungkinkan oleh produk Anda.” (Eugene Schwartz dalam Breakthrough Advertisinng)

“Pengulangan itu menghipnosis. Pengulangan itu menghipnosis. Pengulangan itu menghipnosis.”

“Dan sang pengkritik pikiran yang disebut Pribadi Satu dalam permainan pikiran itulah yang menghalangi Anda untuk menulis dengan mudah, lancar, dan orisinal. Dalam buku Zen and the Art of Writing, saya menyebutnya Tuan Editor. Ia bukanlah teman yang baik.”

“Meniru bukanlah mencuri (kecuali Anda menjualnya). Meniru adalah belajar. Jadi Anda bisa mencari sebuah/beberapa Hypnotic Writing (tulisan yang menghipnosis). Pilih satu, dan contohlah. Ini pendidikan tak ternilai. Anda akan belajar menulis bahan yang tak terlupakan, dan gratis.”

“Cara cepat membangkitkan ilham: 1. Mulai saja, 2. Jangan mengedit. 3. Tulis surat. 4. Gunakan kata pendorong. 5. Relaks.” “Jangan menulis. Biar tulisan yang menulis. Pikirkanlah.”

“Tidak ada tulisan yang hebat. Hanya ada tulisan ulang yang hebat (E.B. White). Ikuti rumus dasar Joe Vitale: tulis dulu baru edit. Teman saya seorang pematung melakukan hal serupa. Pertama membuat sketsa ide, kemudian menyempurnakannya sampai bernyawa.”

“Gunakan tesaurus untuk membuat tulisan anda sederhana dan langsung. Cari kata-kata singkat yang menyuarakan maksud Anda. Jika Anda belum pernah mendengar kata itu di bandara atau halte, jangan gunakan. Gunakan buku simile, buku analogi, dan buku kutipan. Cari kutipan yang pendek, relevan, dan dibuat oleh orang yang dikenal pembaca.”

“Jika orang-orang di sekitar Anda tidak mau mendengarkan Anda, bersujudlah di depan mereka dan memohon ampun kepada mereka, karena sesungguhnya Anda-lah yang salah.”

"Tips menggairahkan untuk menciptakan tulisan terobosan: Lihat Peristiwanya (visualisasikan), Tulislah untuk satu orang, Bersemangatlah, Langsung ke tujuan (singkat dan menarik), Jangan menghakimi.”

“Cara membujuk pembaca agar berpihak kepada Anda: Ketahui yang Anda inginkan (dari tulisan Anda), Ciptakan daya tarik emosi (dengan cerita lucu, kutipan, kisah, statistik, judul, nama, dll), Berikan apa yang mereka mau, ajukan pertanyaan yang membawa pembaca ke pihak Anda, Gunakan bahasa gambar, kesaksian, Ingatkan mereka akan problem mereka dan solusi Anda, tambahkan N.B. (bagian yang paling sering dibaca), Buat menarik secara visual, dan yakini apa yang Anda jual.”

“Rahasia mengedit kilat: Potong kepalanya, potong kakinya, Potong setiap kata keenam, Ikuti saran Stephen King (minta masukan 10 teman), minta seseorang membacakan dengan suara keras (lihat ekspresinya), Baca dengan suara keras, Dapatkan bantuan gratis (program pemeriksa di komputer), beristirahat (berhenti dan baca kembali), Gunting dan tempel, Ingat Kissinger (Anda selalu bisa lebih baik lagi).”

“Sambil menulis, tanya diri sendiri “Apa yang pembaca pikirkan sekarang? Apa yang akan ia tanyakan? Saya mengantisipasi pikiran Anda dan menjawabnya menggunakan proses dialog.”

“Saya memukau Anda dengan tidak menyelesaikan pernyataan yang telah saya mulai dan yang pasti membuat Anda ingin mendengarkan akhirnya. Jadi, beritahu mereka bahwa Anda akan mengatakan sesuatu yang penting—kemudian beralihlah ke topik baru, dengan janji Anda akan kembali.”

"31 kata untuk judul yang menghipnosis: mengumumkan, mencengangkan, akhirnya, seru, eksklusif, fantastis, mempesona, pertama, gratis, dijamin, luar biasa, awal, meningkat, cinta, terbatas, tawaran, ampuh, fenomenal, mengungkap, revolusioner, spesial, sukses, super, waktu terbatas, unik, segera, indah, Anda, terobosan, memperkenalkan, baru, cara.

"30 cara menulis judul yang menghipnosis: Mulailah dengan kata pembuka Akhirnya! Pengumuman! Baru!, Kumpulkan pembaca, Janjikan manfaat, Jadikan layak berita, Pertanyaan yang menggoda, Kesaksian, Kata Cara, Beri kuis, gunakan kata ini dan mengapa, Gunakan huruf besar dan kecil (jangan besar semua), tanya “Siapa lagi...?, gunakan garansi, peringatkan, dramatisasi, dll “ (kebanyaken kalau ditulis semua hehehe)

“Ingatlah untuk menarik perhatian orang dengan pertanyaan. Semakin menggugah pikiran, semakin baik. Paham?”

Ya, paham pak Joe. Terima kasih banyak ya...

4 comments:

Asti Indriyani 9 Oktober 2009 07.34  

Assalamu'alaikum.
dok, ada bnyk yg g ngerti... bhsa filsafat bgt y.. mksdnya "Jangan menulis. Biar tulisan yang menulis. Pikirkanlah.” apa dok?


trus ini dok.. “Jika orang-orang di sekitar Anda tidak mau mendengarkan Anda, bersujudlah di depan mereka dan memohon ampun kepada mereka, karena sesungguhnya Anda-lah yang salah.”

bukunya mahal g dok? jd pngn.. kyk the scret gt y dok... ^^

Kumpulan Kata Mutiara 9 Oktober 2009 07.53  

Yang pertama, dalam pemahamanku, mungkin maksud kata "menulis" disini sesuatu yang dilakukan secara sengaja, merupakan proses, dan kadang dianggep "so hard to do". Tapi jika "tulisan" yang menulis, ia berangkat dari ilham, ide, dan gagasan yang benar-benar muncul dari kepala kita. Dalam post blog saya ini, pada bagian atas komentar saya, tulisanlah yang menulis. Tapi, dalam kutipannya, saya "menulis" atau bahkan menyalin. Dalam blog saya yang lain (kesehatanmasyarakat.com), kadang saya hanya menulis (catatan kuliah atau keterangan peta pikiran) tapi kadang juga "tulisan" yang menulis. Tulisan yang bagus datang dari ide, gagasan, dan hasil olah pikiran. Kalau kita rileks, insya Allah "tulisan" di pikiran kita akan bisa menulis.

Yang kedua, maksudnya kalau kita punya kekurangan, jangan nyalahin orang lain, tapi introspeksi dulu, berarti/mungkin ada yang salah dengan diri kita

Oke, thank you asti

Kumpulan Kata Mutiara 9 Oktober 2009 07.55  

Oh ya, bukunya saya beli 50 ribu. Karena ada diskon 30% pembukaan toko baru. Harga asli 62 ribu. Kalau pengen baca, pinjem punyaku aja, nanti kutitipin mbak antari...

Marsudijono 1 Juni 2012 23.27  

Ass.Wr.Wr.
Tulisannya yang bermanfaat..tapi alangkah indah juga diinfokan tulisan-tulisan yang menghipnotis..trima ksh..

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP