Latihan Perut Pasca Melahirkan

>> 14 November 2009

Diterjemahkan dari: Associated Content


Salah satu masalah umum yang dihadapi oleh wanita setelah melahirkan adalah beban ekstra  yang ada di perut. Berikut ini beberapa latihan yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengencangkan perut. Sangatlah penting untuk mendapatkan bentuk perut Anda ini karena Anda membutuhkan otot punggung yang lebih kuat saat merawat bayi Anda. Meskipun demikian, sebelum melakukan latihan ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai apa saja yang dibolehkan untuk dilakukan. Hal ini terutama diperlukan jika anda memiliki jahitan atau jika Anda mengalami operasi caesar. Karena tepat setelah lahir, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri.

Sedikit latihan yang hebat dan dapat Anda lakukan di mana saja selama anda sedang duduk adalah  mengencangkan perut dan menarik otot-otot perut bagian bawah Anda sebanyak mungkin yang Anda bisa. Hal ini membantu otot-otot agar bekerja. Lisa Druxman yang merupakan pelatih kebugaran dan penulis buku "Lean Mommy" mengatakan, "Bayangkan Anda memakai korset dan Anda menarik tali-talinya dengan ketat". Anda dapat melakukannya saat Anda sedang duduk di meja, komputer, menonton televisi, dll. Hal ini sederhana namun sangat efektif. Ketika Anda melakukan hal itu, fokuskan pikiran untuk memberi tekanan pada otot-otot perut. Tahan selama 20 detik dan lalu lepaskan. Anda dapat bernafas normal dan tidak menahan napas. Kadang-kadang Anda akan melakukan ini secara tidak sadar. Jadi, sadarilah pernapasan Anda. Jumlah repetisi (ulangan) yang Anda lakukan adalah terserah Anda. Mulailah perlahan-lahan jika Anda baru saja melakukannya. 

Latihan hebat lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengencangkan perut setelah melahirkan adalah dengan meletakkan bayi Anda secara langsung pada perut Anda. Anda dapat melakukannya saat berbaring di tempat tidur. Sepupu saya menceritakan hal ini kepada saya dan saya pikir itu adalah ide bagus untuk ibu-ibu yang lain. Ia mendapatkan nasihat ini dari keluarga serta teman-teman, dan itu benar-benar bekerja untuk otot-otot perut Anda!  

Apa yang Anda lakukan pertama adalah meletakkan bayi Anda di atas perut Anda. Anda dapat melakukannya saat Anda berbaring di tempat tidur. Kemudian kencangkan perut dalam rangka untuk menahan/memegang sang bayi. Anda dapat melakukannya selama beberapa menit dan latihan ini bekerja dengan baik sekali.

Sebelum saya menutup tulisan ini, adalah penting untuk menyebutkan bahwa jika Anda masih memiliki diastasis, maka anda harus mempertimbangkan untuk mengenakan belat/splint ketika tekanan apapun diberikan pada otot-otot perut Anda. Diastasis adalah terpisahnya otot rektus abdominus. Belat akan membantu untuk tetap menyatu.***

NB: Bulan Desember ini ada promo "Tone Tummy Firming Gel" (Gel yang efektif mengencangkan, menyamakan, dan meningkatkan kelenturan di daerah perut) yang aslinya berharga 169.000 menjadi hanya Rp. 79.000,00. Informasi lebih jauh tentang produk ini dapat menghubungi saya di 085868666570

0 comments:

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP