Pemikiran Islam dalam Kanvas Peradaban: Satu Menit Pencerahan dalam Ensiklopedi Nurcholis Madjid

>> 09 Januari 2010

Judul Buku: Ensiklopedi Nurcholis Madjid
Penerbit: Mizan
Cetakan: I, 2006
Tebal: 4 jilid

"Kebijaksanaan adalah harta kita yang hilang, maka temukanlah ia dimanapun."

Kakak saya baru saja membeli satu set Ensiklopedi Nurcholis Madjid. Kemungkinan untuk menambah referensi karena jam terbang dakwahnya cukup tinggi dengan jamaah yang ratusan dan pernah ribuan di beberapa tempat. Saat ini ia adalah anggota Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Hmm, tampaknya bagus dan bermanfaat, whatever your view is. Sebelum saya membaca bukunya, saya melihat resensinya terlebih dahulu. Berikut ini resensi Ensiklopedi Nurcholis Madjid yang saya ambil dari Republika.


Pencerahan Satu Menit


Prof. Dr. Nurcholis Madjid (17 Maret 1939 – 29 Agustus 2005) adalah sosok yang cukup kontroversial di Indonesia. Sejumlah orang menkritik, bahkan menghujat pemikiran-pemikiran keislamannya yang dijalin dalam tiga tema besar, yakni keislaman, kemodernan, dan keindonesiaan. Namun tidak sedikit pula yang memuji, mengagumi, dan mengikuti pemikiran-pemikirannya tersebut.
Terlepas dari kontrovesi tersebut, Nurcholis Madjid atau Cak Nur diakui oleh banyak kalangan sebagai sosok cendekiawan besar dan dihormati, terutama karena keluasan ilmu dan wawasannya, serta sikapnya yang rendah hati dan tanpa pamrih.
“Betapapun kontroversial, sulit meragukan keihlasan dan concern Cak Nur almarhum Cak Nur untuk Islam dan Indonesia... Sebuah harta karun ilham pemikiran, ilmu, dan kebijaksanaan,” tegas Dr. Haidar Bagir, Dosen Islamic College for Advanced Studies (ICAS) Jakarta.
Sedangkan, Dr. Hidayat Nur Wahid (kini Mantan Ketua MPR RI) mengemukakan, “Saya melihat bahwa pemikiran Cak Nur mendorong kita untuk terus membaca, menghormati orang lain, dan saling toleransi dengan cara yang bermartabat.”
Buku yang disunting oleh Budi Munawar Rachman—orang yang selama 12 tahun mendampingi Nurcholis Madjid, yakni sebagai Direktur Pusat Studi Islam Paramadina (1992-2004)—ini merupakan wujud dan bukti keluasan dan kedalaman ilmu Nurcholis. Buku ini hasil penyuntingan lebih dari 15 tahun kerja intelektual dan pengajaran Prof Nurcholis Madjid di Pusat Studi Islam Paramadina, Jakarta.
Lebih dari 200 kelas (sebanding 400 jam) perkuliahan, ratusan catatan, hand out, dan makalah Nurcholis kemudian ditranskrip, dan diedit untuk kepentingan penerbitan buku ini.
Ensiklopedi yang terdiri atas 4 jilid hardcover dan mewah ini didesain dengan satu entry dapat dibaca  satu menit. Dengan membaca satu entri akan dirasakan “One minute enlightment” (pencerahan satu menit). Maksudnya, diharapkan dengan membaca satu entri (apa pun) ada pencerahan pikiran yang bisa Anda dapatkan dari pikiran Cak Nur. Kalau itu tidak tercapai, cukuplah dinamai “one minute wisdom” (satu menit kearifan), kalau tidak juga, minimal “one minute a-ha” sesuatu yang baru.” Tutur Budi Munawar Rachman dalam pengantar buku ini.
Untuk membantu para pembaca memahami isi buku maupun penulisnya (Nurcholis Madjid), Budi telah menulis sebuah pengantar panjang, sekitar 200 halaman. Pengantar tersebut mencoba mengikat keseluruhan isi buku ensiklopedi ini, sekaligus memberi konteksnya dalam pergumulan Cak Nur dengan gagasan-gagasan keislaman, kemodernan, dan keindonesiaan—tiga hal yang hendak diramu sisntesisnya dalam pemikiran apa pun dari Cak Nur.
Budi menegaskan, melalui buku ini dapat tergambar salah satu wajah Islam yang sekarang dirindukan di Indonesia, yaitu wajah Islam yang terbuka, toleran, dan penuh keramahan. “Sebuah wajah Islam yang diimpikan Cak Nur terwujud dalam kehidupan keagamaan Islam di Indonesia,” paparnya.
Siapapun yang ingin mengetahui lebih dekat dan lebih dalam Pemikiran tentang Nurcholis Madjid tentang keislaman, kemodernan, dan keindonesiaan, perlu membaca buku ini. Sebuah buku memori atas pemikiran yang telah Cak Nur tanamkan dan kembangkan pada publik intelektual islam di Indonesia, dengan Paramadina sebagai tempat persemaian awal mulanya.
Selain itu, pikiran Cak Nur yang bersifat “ensiklopedis”, yakni banyak isu dan sangat komprehensif. Sehingga dengan buku ensiklopedi ini, diharapkan tersimpan sebuah dokumentasi pemikiran Cak Nur yang relatif cukup lengkap.(Irwan Kelana)  

Bila ada yang ingin membeli buku ini, Informasi dan pemesanan dapat menghubungi saya melalui email nur_beti@yahoo.com maupun telepon 085868666570. (Toko buku onlinenya baru dibuat :-)

0 comments:

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP